Abdul Aziz Mahrizal Ramadan
Warga Bondowoso Swadaya Perbaiki Jalan Rusak. [Foto: suaraindonesia.co.id]

SuaraMalang.id - Warga Kelurahan Kota Kulon, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur swadaya memperbaiki jalan rusak di wilayahnya, Sabtu (14/8/2021). Warga bosan menanti janji pemerintah membenahi infrastruktur namun tak kunjung terealisasi.

Warga tergerak menambal jalan yang berlubang itu lantaran tak sedikit pengguna jalan mengalami kecelakan.

Tokoh warga setempat, Taufik Jamhur (52) mengatakan, warga terpaksa memperbaiki jalan rusak secara swadaya, karena pemerintah daerah khususnya Dinas PUPR tak kunjung melakukan pembenahan. Padahal warga telah berkali-kali meminta perbaikan jalan.

"Jalan ini sudah berkali-kali membuat orang kecelakaan, bahkan saya sendiri juga pernah kecelakaan di jalan ini karena menghindar dari kubangan-kubangan jalan," ujarnya mengutip dari suaraindonesia.co.id, Sabtu (14/8/2021).

Baca Juga: Prihatin! Ratusan Anak di Bondowoso Yatim Setelah Ortu Meninggal Karena Covid-19

Ia menambahkan, pemerintah melalui OPD terkait seharusnya telah menyiapkan anggaran pemeliharaan, sehingga jalan tidak rusak berlarut-larut. Namun, saat masyarakat mengadu, pemerintah selalu beralasan tidak ada anggaran.

"Seharusnya tidak menunggu masyarakat pemerintah perbaiki jalan rusak, sebab perbaikan jalan itu bukan tanggungjawab masyarakat, tapi pemerintah," keluhnya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso, Bukhori menambahkan, masyarakat sudah lama menyampaikan tentang jalan yang berlubang.

"Kami sudah sampaikan ke komisi III, dan juga sudah kami sampaikan ke Sekretaris PUPR yang waktu itu ketuanya masih pak Mulyadi, namun sampai saat ini tidak kunjung diperbaiki," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Munandar masih belum bisa dikonfirmasi saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Baca Juga: Nestapa 182 Anak di Bondowoso Jadi Yatim Piatu Akibat Covid-19

Komentar