Abdul Aziz Mahrizal Ramadan
ilustrasi Jadwal imsakiyah Kota Malang. -- Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, tempat makam Nabi Muhammad . (Shutterstock)

SuaraMalang.id - Jadwal imsakiyah di Kota Malang hari ke-26 Ramadhan, Sabtu 8 Mei 2021.

Umat muslim sangat dianjurkan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Sebab sahur juga mengandung keberkahan.

Melansir nu.or.id, diriwayatkan dari Anas ra, Rasulullah saw bersabda;

“Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu mengandung keberkahan.” (HR Syaikhani)

Baca Juga: Stasiun Geofisika Malang Catat 12 Kali Gempa Sepekan Terakhir

Orang yang sahur akan mendapatkan keberkahan. Dalam kitab Is’afu Ahl al-Iman bi Wadza’if Syahri Ramadhan (hal. 59-60), Syekh Hasan al-Masyath menjelaskan, bahwa Rasulullah saw telah menganjurkan sahur, dan sebagai sunahnya, umat Islam pun mengikutinya. Andai saja Rasulullah saw tidak sahur, umatnya pun akan demikian karena menganggap ‘tidak sahur’ sebagai sunahnya. Tapi, Nabi mengerti bahwa sahur merupakan bentuk kasih sayang terhadap umatnya, sehingga beliau melakukannya dan dijadikan anjuran bagi orang yang hendak berpuasa.

Dengan sahur, maka seorang hamba akan lebih memiliki tenaga untuk melakukan aktivitas pada siang hari. Jangan sampai bulan Ramadhan yang banyak dianjurkan ibadah, justru disia-siakan karena seharian tubuh lemas, sebab tidak sahur.

Lalu, mengapa sahur kemudian lebih dianjurkan untuk diakhirkan? 

Alasannya adalah karena dengan begitu, orang yang selesai sahur akan menunggu waktu subuh tiba. Saat-saat menunggu subuh itulah bisa digunakan untuk beribadah, seperti shalat sunnah, membaca Alquran atau zikir lainnya.

Dengan kata lain, pengakhiran sahur adalah upaya agar kita bisa beribadah di waktu sepertiga malam. Waktu paling istimewa untuk bermunajat kepada Allah swt. Terlebih untuk meraih malam lailatul qadar.

Baca Juga: Kasus Perawat Malang Dibakar Hidup-hidup, Korban Tidak Ingat Kejadiannya?

Berikut jadwal imsakiyah Kota Malang dan sekitarnya, Sabtu (8/5/2021);

Komentar