alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Tips Memilih Mesin Jahit Terbaik untuk Pemula

Fabiola Febrinastri Jum'at, 24 September 2021 | 10:37 WIB

5 Tips Memilih Mesin Jahit Terbaik untuk Pemula
Ilustrasi menjahit baju. (Unsplash/Tata Toto)

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli mesin jahit.

SuaraMalang.id - Sejak pandemi, terjadi banyak perubahan dalam aktivitas keseharian yang kita jalani. Kegiatan-kegiatan yang biasanya kita lakukan di luar rumah saat ini telah beralih dan dapat dikerjakan di rumah, seperti bekerja dan sekolah.

Dalam situasi pandemi, banyak dampak yang dirasakan dalam bidang industri dan perekonomian. Mulai dari lesunya perekonomian sampai akhirnya muncul ide-ide baru untuk sekedar mengisi waktu luang selama di rumah maupun sebagai ide bisnis.

Saat ini, kegiatan perekonomian dan bisnis juga sudah bisa dijalankan secara online. Memulai bisnis menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Bidang usaha yang selalu berkembang mengikuti trend dan tak pernah sepi peminat adalah bidang pakaian atau fashion. Ada berbagai macam produk seperti baju, celana, topi, kerudung, atau pakaian lain yang selalu diminati.

Baca Juga: Istri Sule, Simak Sumber Penghasilan Nathalie Holscher

Tentunya, Anda juga bisa memulai bisnis pakaian sendiri dengan mudah dan praktis. Anda bisa memulai dengan mendesain dan menjahit produk pakaian Anda sendiri. Untuk itu, tentu Anda memerlukan mesin jahit yang berkualitas dan mudah untuk digunakan, apalagi jika Anda baru pertama kali memulai.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli mesin jahit, seperti harga dan cara penggunaannya. Untuk itu, berikut beberapa tips memilih mesin jahit yang bisa Anda pertimbangkan.

Sesuaikan Kebutuhan
Tips pertama dalam memilih mesin jahit bagi pemula adalah dengan menyesuaikan kebutuhan Anda. Anda perlu menentukan akan menjahit pakaian apa nantinya, Seberapa sering Anda menggunakan mesin jahit, serta jenis jahitan dan bahan apa yang Anda gunakan.

Saat ini, ada beberapa jenis mesin jahit seperti mesin jahit computerized dan mesin jahit manual. Jika Anda berencana menggunakan mesin jahit untuk pakaian dengan model yang simpel dan bahan yang ringan, maka Anda bisa memilih mesin jahit manual karena cara penggunaannya yang cukup mudah untuk pemula. Namun, jika Anda ingin menjahit pakaian dengan pola tertentu, Anda bisa memilih mesin jahit computerized yang memiliki beragam model jahitan.

Sesuaikan Budget
Tips kedua dalam memilih mesin jahit adalah menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jika Anda ingin memulai usaha menjahit atau sekedar untuk pribadi, Anda dapat menyesuaikan budget yang Anda miliki dengan kebutuhan Anda menggunakan mesin jahit.

Baca Juga: Kebutuhan di Daerah Tinggi, Menjahit Bisa Dikembangkan sebagai Modal Usaha

Saat ini, banyak pilihan mesin jahit mulai dari harga satu jutaan sampai belasan juta. Pastikan Anda memilih mesin jahit dengan harga dan kualitas yang Anda butuhkan. Anda tidak perlu membeli mesin jahit dengan harga yang terlalu mahal jika intensitas penggunaannya sedang, namun jika Anda menggunakan mesin jahit untuk usaha maka Anda perlu mencari mesin jahit yang awet dan sesuai dengan budget.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait